Selasa, 20 September 2016

EZ-link CARD

diambil dari google
Ini nih kartu sakti yang harus di beli pas udah sampai di Singapore. Kartu ini ditujukan untuk orang yang tinggal lama di Singapore. Kartu EZ-link dapat digunakan untuk MRT, LRT, bus maupun outlet2 tertentu, misalnya untuk naik monorail menuju Sentosa Island, dll. Sama halnya kayak Mandiri e-Toll Card atau BCA Flash di Indonesia.

Tempat membeli EZ-link Card

Kalian bisa beli di station MRT dibagian ticketing office atau bisa tanya aja sama petugas di sana atau kalian bisa juga beli di 7-eleven di Singapore.

Berapa harga EZ-link Card?

Menurut dari yang gue baca, kalau beli di station MRT seharga $12 yang berisi uang $7. Sisanya yang $5 harga kartunya yang tidak bisa dikembalikan. Sama lagi halnya kayak Flash BCA di Indonesia, Harganya Rp. 40.000 isi uang dikartunya hanya Rp. 20.000 gak beda jauh deh kartu Singapore sama kartu2nya orang Indonesia.

Cara Topup EZ-link

Kalian bisa isi ulang di mesin tiket, 7-eleven, ATM dll. Yang paling mudah dan murah ya di station MRT.

Langkah-langkah melakukan topup:

  1. Letakkan kartu di tempat kartu dibagian tengah
  2. Dibagian kiri bawah ada layar. Sentuh dan pilih "ADD VALUE" > CASH
  3. Kemudian masukkan uang ke dalam lubang dibagian kanan atas bisa sebesar $10, $20, $50
  4. Pastikan kartunya sudah terisi uang. Jangan diambil dulu sebelum ada bacaan boleh mengambil kartunya
Cara penggunaan kartu EZ-link

Jadi setiap mau masuk station MRT, naik bus bisa di tap kan terlebih dahulu tapi jangan lupa untuk men tap kan saat keluar dari station atau turun dari bus agar biaya dapat terhitung dengan sempurna.

Sebenarnya sama saja seperti pakai kartu STP tapi bedanya EZ-link ini bisa cek saldo. Apa itu STP? Bisa baca di sini Singapore Tourist Pass

Tidak ada komentar:

Posting Komentar